Bukti Sejarah Menurut Prasasti


Bukti Sejarah Menurut Prasasti
                                      Prasasti sarwadharma dari Raja Kertanegara di Desa Penampihan lereng barat Gunung Wilis kediri. Prasasti ini tidak lagi menyebut perkataan makamanggalya atau dibawah pengawasan. Artinya saat itu Raja Kertanegara telah berkuasa penuh, dan tidak lagi dibawah pengawasan ayahandanya Raja Wisnuwardhana. Hal ini disebabkan Wisnuwardhana telah meninggal tahun 1268 M.
                                      Prsasti Sarwadharma berisi penetapan daerah menjadi daerah suatantra (berhak mengurus dirinya sendiri) dan lepas dari pengawasan wilayah dan bala tentara (nama wilayah atau daerah saat itu di Singosari). Sehingga daerah swatantra tersebut, yaitu daerah Sang Hyang Sarwadharma tidak lagi diwajibkan membayar bermacam-macam pajak, pungutan, dan iuran.
                                      Atas dasar fakta dari sejarah ini maka pelantkan Arya Wir, daraja ditetapkan tanggal 31 Oktober 1269 M. peristiwa itu dijadikan rujukan yang sangat kuat untuk menetapkan Hari Jadi Kabupaten Sumenep pada tanggal 31 Oktober 1269 M, yang diperingati setiap tahun dengan berbagperistai macam peristiwa seni budaya, seperti prosesi Arya Wiraraja pekan seni Budaya Hari Jadi Kabupaten Sumenep.

1 komentar: